BTemplates.com

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Plafon PVC


Hal yang Harus Diketahui  Sebelum Membeli Plafon PVC




Ada banyak cara untuk mempercantik rumah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan plafon PVC sebagai langit-langit ruangan. Metode ini mungkin terdengar asing sebab penggunaan plafon PVC baru sebatas pada gedung-gedung mewah, hotel, restoran, dan apartemen. Masyarakat umum biasanya sekadar memakai plafon berbahan dasar gypsum atau triplek.


PVC atau Polivynil Chloride merupakan sejenis polimer yang kerap dijadikan bahan pembuatan pipa air. Di era modern ini, pemanfaatannya meluas termasuk sebagai material plafon PVC.
Sebelum menentukan pilihan ke plafon pcv sebaiknya pahami beberapa hal berikut
Keunggulan Plafon PVC
Plafon PVC memiliki banyak keunggulan dibandingkan plafon dari gypsum, triplek, atau fiber semen. Bahan plafon PVC lebih lentur, ringan, dan mampu bertahan selama puluhan tahun. Keawetan ini disebabkan karena kandungan Polymer Isosianat membuat plafon PVC tidak akan terurai atau lapuk.

Pemasangan plafon PVC juga cenderung lebih mudah. Memanfaatkan sistem knock-down atau bongkar-pasang, instalasinya menjadi lebih praktis serta lebih cepat.
Plafon PVC banyak dipilih pula karena desainnya yang unik. Bahkan bisa dikolaborasikan dengan pencahayaan lampu yang menarik. Rumahmu pasti akan terkesan lebih elegan.
Yang tak kalah penting, material plafon PVC dapat tahan bocor serta bebas rayap. Hal ini karena material plafon PVC memiliki pori-pori yang sangat rapat. Dengan demikian, kamu nggak perlu was-was saat hujan tiba dan nggak perlu ribet membersihkan plafon PVC. Cukup kamu bersihkan plafon PVC dari debu dan kotoran dengan sapu atau kain bersih.
Banyak orang menyukai plafon PVC juga karena bahannya yang kuat dan tidak mudah pecah. Apalagi kalau kamu membeli plafon PVC yang tebalnya 8 mm. Sangat berbeda dengan gypsum atau triplek yang mudah hancur oleh air, panas, kelembapan yang tinggi, hingga dimakan rayap.
Keunggulan lain dari plafon PVC adalah bagian luarnya yang telah diberi finishing warna dan berbagai varian motif. Jadi kamu nggak perlu merogoh kocek lagi untuk biaya pengecatan. Cukup pilih warna plafon PVC yang sesuai dengan desain rumah idamanmu. Jangan sampai warna plafon PVC berbeda dengan warna dinding rumahmu ya.
Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak heran sekarang plafon PVC menjadi pilihan utama untuk menghias langit-langit rumah.
Pemasangan Harus Rapi dan Rapat
Plafon PVC bukan tanpa kekurangan. Meski instalasinya mudah, plafon PVC tetap harus dipasang dengan rapi dan sesuai ukurannya. Hal ini karena pola sambungan plafon PVC dapat terlihat jelas sekali. Apabila tidak rapi, tentu kecantikan desainnya akan terganggu.
Pemasangan plafon PVC juga mesti dilakukan dengan teliti. Pasang tiap lembarannya secara bertahap. Perhatikan tingkat kerapatan dan jarak antara lembaran yang satu dengan lembaran lainnya. Begitu pula dengan pemasangan list plafon PVC.
Jika tidak rapat, pasti akan muncul rongga di sambungannya. Debu dan kotoran pun akhirnya mudah masuk ke dalam rumah. Bahkan tetesan air hujan dapat merembes melalui rongga-rongga tersebut dan menyebabkan kebocoran.
Perhitungkan Beban dan Rangka Hollow



Saking ringannya, instalasi plafon PVC biasanya tidak banyak menggunakan rangka hollow, cenderung renggang dan konstruksinya minimalis. Memang sih kamu jadi bisa lebih hemat. Tapi bila salah perhitungan, justru plafon PVC itu akan mudah roboh karena tidak kuat menahan beban. Misalnya karena gempa atau goncangan tertentu. Bahkan tikus atau kucing di atap rumah bisa jadi salah satu penyebabnya, loh.
Selain jumlahnya, jenis material rangka hollow juga mesti dipilih secara tepat. Kamu bisa menggunakan hollow berbahan dasar besi, baja, atau kayu. Yang penting, pastikan kualitasnya kuat dan mampu menahan plafon PVC dalam waktu yang lama.
Anti Api
Bahan polimer di dalam plafon PVC memang tahan api. Hal ini karena plafon PVC memiliki lapisan yang anti api. Plafon PVC akan sulit terbakar serta tidak merambatkan api ketika terjadi kebakaran (flame retardent). Dengan begitu, plafon PVC bisa tahan panas, termasuk jika berada tepat di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Plafon PVC sangat cocok bila dipasang di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).
Tentukan Jasa Pemasangan yang Tepat


Sebelum membeli plafon PVC, sebaiknya kamu cari tahu juga jasa pemasangan yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sebab segala keunggulan plafon PVC akan sirna apabila tidak dipasang oleh ahlinya. Alhasil, sambungannya malah tidak rapi, banyak celah, atau tidak kuat menahan beban. Perlu kamu tahu, kualitas PVC sangat bergantung pula pada metode pemasangannya.
Harga Relatif Mahal
Seperti kata pepatah, harga nggak mungkin bisa bohong kan? Begitu pula dengan harga plafon PVC. Baik harga materialnya maupun biaya instalasinya. Tentu saja harga ini setara dengan kualitasnya dibandingkan dengan bahan gypsum atau triplek. Pemasangan yang butuh ketelitian tinggi pun turut menaikkan biayanya. Umumnya, biaya pemasangan plafon PVC sekitar 200 ribu hingga 250 ribu rupiah per tukang.
Demikian poin-poin yang harus kamu tahu dulu sebelum membeli plafon PVC. Pertimbangkanlah dengan baik berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Sehingga kamu bisa mengantisipasi resiko serta menutupi kelemahannya ya!

loading...

0 Response to "Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Plafon PVC"

Post a Comment